Terdapat berbagai macam bentuk service kepada pelanggan, namun secara umum bentuk service dikelompokkan dalam lima aspek, antara lain:

  1. Kehandalan, yaitu kemampuan dalam memenuhi harapan dari pelanggan.Misalnya ketersediaan produk yang lengkap, pemesanan melalui telepon/fax,memiliki layanan antar.
  2. Cepat tanggap dalam menanggapi kebutuhan pelanggan. Misalnya kecepatan melayani pesanan, jika ada pelanggan yang bertanya atau memberikan keluhan maka dengan cepat dapat ditanggapi, dan sebagainya.
  3. Jaminan kepada pelanggan dengan memastikan produk yang diberikan tidak expired, atau mampu menjelaskan pertanyaan pelanggan mengenai kebutuhannya.
  4. Tampilan, yaitu aspek fisik yang dapat dirasakan oleh pelanggan. Misalnya kebersihan ruangan, keteraturan dalam penempatan display / informasi produk, kerapihan sales counter, ketersediaan tempat parkir yang nyaman.
  5. Memahami kondisi pelanggan, terutama jika pasien yang datang sedang sakit / kesulitan tentunya ditanggapi dengan keramahan, menanyakan kebutuhannya,santun dalam berkata maupun sikap.

Dengan menerapkan lima aspek customer service di atas tentunya dapat meningkatkan kepuasan dan terlebih lagi loyalitas pelanggan.

Advertisements