Apa yang membuat customer anda lebih memilih untuk membeli produk/layanan yang anda tawarkan ketimbang pesaing anda? Sebutkan tidak lebih dari 30 detik. Jika apa yang anda sebutkan berbeda dengan yang disebutkan oleh customer anda, berarti anda membutuhkan strategi Diferensiasi dengan tepat.

Diferensiasi, kunci sukses Pemasaran

Pada dasarnya tiap customer memiliki pilihan dan juga alasan dalam melakukan pembelian. Sementara itu banyak sekali saat ini tersedia pilihan bagi customer. Agar dapat menjadi pilihan bagi customer, menjalankan bisnis salah satu kunci suksesnya yaitu dengan menjadi unik/berbeda dibandingkan dengan kompetitor, yang dalam bahasa pemasaran seringkali disebut diferensiasi.

Bagaimana memulai

Menjadi bisnis yang “unik” bukan sekedar menjadi berbeda dibandingkan kompetitor, tapi yang penting adalah perbedaan utuh yang dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi customer. Sehingga “keunikan” tersebut benar-benar tercermin dalam proses kerja, terutama dalam melayani pelanggan.

Tentunya keunikan yang akan diunggulkan juga harus disesuaikan dengan perkembangan atau tren yang terjadi di pasar. Secara umum diferensiasi bisnis dikelompokkan menjadi empat kategori, antara lain:

Diferensiasi Harga

Diferensiasi harga, tidak harus selalu identik dengan “yang termurah” yang juga bisa memiliki persepsi negatif, melainkan bisa diarahkan dengan memberikan manfaat lebih kepada pelanggan. Misalnya:

  1. Dengan harga yang sama mendapatkan produk/layanan yang lebih baik.
  2. Diskon yang lebih banyak.
  3. Banyak bonus.
  4. Bebas biaya pengiriman.

Diferensiasi Pasar

Tidak ada bisnis manapun yang dapat memuaskan semua pelanggan, karena jika iya berarti akan membutuhkan investasi yang luar biasa besar.

Cukup memilih beberapa keunggulan yang ingin ditonjolkan, sesuai dengan harapan customer yang menjadi target pasar dan lebih baik dibandingkan kompetitor. Misalnya:

  1. Lokasi bisnis yang dekat dengan customer.
  2. Bisnis yang terpercaya bagi customer.
  3. One-stop-shopping.

Diferensiasi Produk

Pahami kebutuhan customer anda lebih dalam yang bisa diperoleh dengan cara berbicara (ngobrol) secara langsung, melakukan survey, dan bagaimana perilakunya.

Penting juga untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan atau hal apa yang menjadi daya tarik kompetitor anda, karena customer mereka tentunya merupakan target customer bisnis anda.

Sehingga diferensiasi produk/layanan yang dapat digunakan antara lain:

  1. Kualitas, yaitu dengan menyediakan produk/layanan yang lebih berkualitas, memberikan manfaat yang lebih banyak, dan memiliki nilai yang lebih tinggi.
  2. Selalu menjadi yang pertama dalam memperkenalkan produk/layanan baru, dimana belum ada kompetitor manapun yang melakukannya.
  3. Produk/layanan yang bisa disesuaikan dengan keinginan customer dan berkesan spesial.

Diferensiasi Layanan Pelanggan

Sasarannya yaitu memberikan kepuasan kepada customer sebaik mungkin dengan ciri khas tersendiri sehingga tidak mudah untuk ditiru. Misalnya:

  1. Layanan pengantaran yang cepat sesuai janji. atau pemesanan online.
  2. Dukungan penjualan kepada customer, misal dengan memberikan informasi yang lengkap, konsultasi, maupun layanan purna jual.
  3. Garansi atau jaminan terhadap produk/layanan yang telah, misalnya tidak sulit dalam proses pengajuan klaim, masa garansi yang panjang, dan sebagainya.
  4. Anda Sendiri, menjadikan spesial di benak customer. Misalnya memiliki pengetahuan yang lengkap, atau ketrampilan unik yang menarik.

Yang Perlu Diperhatikan

Kompetitor juga bisa menerapkan diferensiasi yang sama, sehingga perlu penerapan yang lebih kreatif dan efektif dengan membina hubungan yang lebih baik dengan customer. Misalnya dengan menyebut nama mereka, menanyakan kabar, berbincang mengenai hal yang mereka gemari. Perlu diingat bahwa pelanggan akan cenderung membeli dari orang-orang yang mereka suka.

Hindari untuk memiliki keunggulan di segala aspek, karena dapat berakibat pada kegagalan yang disebabkan: (1) Tidak fokus, sehingga akhirnya tidak ada satupun yang bisa dikatakan paling baik. (2) Customer pun tidak dapat mendefinisikan apa keunggulan bisnis anda, karena begitu banyak dan menjadi tidak jelas. (3) konflik internal, dimana dalam organisasi aspek-aspek yang ingin diunggulkan seringkali saling bertentangan.

Kesimpulan

Kunci sukses diferensiasi yaitu memiliki keunikan bermanfaat, lebih baik dibandingkan kompetitor dan sesuai dengan target pasar yang dituju. Kreatifitas adalah segalanya dan tidak perlu unggul di segala hal,. Dan pastikan customer menyadari diferensiasi yang dibangun dan di antara customer terbangun komunikasi yang merekomendasikan bisnis anda karena keunikan tersebut.

Sumber: www.small-business-marketing-hub.com, dan gabungan sumber marketing lainnya.

Advertisements