Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan pesta kemerdekaan rasanya makin meriah. Dan yang paling menarik, event 17 Agustus telah menjadi sarana promosi yang dihandalkan. Penyelanggara tidak lg perlu repot mengadakan secara swadaya, jika memiliki market yang sesuai tidak sulit untuk dapatkan sponsor. Belum lagi jika event ini kemudian disiarkan melalui TV Nasional.

Event 17 Agustusan memang paling cocok mengambil tema kemerdekaan dan kebangsaan. Ini sudah jadi komoditi bagi para politisi. Beberapa perusahaan roko sudah menjajaki bertahun-tahun yang lalu sebagai rangkaian public image-nya. Namun bagaimana dengan industri lain. Lihat saja, sekarang sudah ada diskon khusus satu hari untuk tempat perbelanjaan tertentu. Kemudian sponsorship untuk membangun gapura, perlombaan di kampung-kampung, atau hanya sekedar pelaksanaan upacara bendera.

Masyarakat kita memang haus hiburan, ditengah hirukpikuk mencari nafkah sehari-hari, kini mereka disajikan hiburan instan yang dapat menjangkau keluarga bahkan lingkungan mereka. Ya fenomena ini terjadi hanya di area komplek perumahan, terutama bukan perumahan elite. Ini jelas fenomena bottom of pyramid, tema 17 Agustusan tidak perlu diedukasi lagi. Karena market akan datang dengan sendirinya. Sehingga tinggal bagaimana para marketer secara jeli memanfaatkan momen ini sebagai sarana promosi yang handal.

Tidak perlu biaya besar, dan cukup memikirkan konsepnya. Karena masyarakat akan membantu anda dalam penyelenggaraannya. Ini sangat luar buasa jika anda ingin memanfaatkan kekuatan word of mouth. Kurang dari sebulan, kita sudah mulai memasuki bulan puasa. Persiapan marketing apa yang sudah anda rencanakan?

Advertisements