Ketika kategori suatu produk masih tergolong baru maka sudah seharusnya para marketer membangun pusat informasi yang lengkap. Sehingga informasi yang mengenai suatu produk tidak simpang-siur. Banyaknya ulasan yang memperdebatkan semakin menunjukkan bahwa peran edukasi dari produsen masih sangat minim.

Padahal yang banyak bertanya umumnya adalah para konsumen. Dampak buruknya mereka yang tadinya berniat mengkomsumsi, tapi karena mendapatkan info dari sumber yang salah jadi batal membeli. Ini adalah peluang yang hilang. Semakin banyak merasa yang sama, semakin besar peluang yang hilang.

Tidak cukup hanya menyediakan nomor telepon atau email, pusat informasi harus aktif melihat ke market apakah konsumen sudah teredukasi atau belum. Jangan sekedar memantau market share ditingkat retailer. Produsen pasti memiliki sasaran jangka panjang kan? Supaya image produk bisa tertanam berpuluh-puluh tahun kemudian. Yang pasti layanan informasi harus mudah dikenal, berbiaya murah, dan informatif.

Kategori Produk ini dalam masa pertumbuhan, diperlukan upaya luar biasa bagi marketer untuk membangun brand. Sudah wajar investasi yang berlebih belum dapat terlihat hasilnya dalam tahun-tahun pertama. Asalkan tepat sasaran dan memang bersifat edukasi.

Advertisements