Umumnya aktivitas komunikasi marketing dilakukan oleh Principal sebagai pemilik dari merek/produk yang dipasarkan. Sementara aktivitas marketing teorinya memiliki empat komponen utama yaitu:

  1. Produk
  2. Saluran Distribusi
  3. Promosi
  4. Harga

Komunikasi merupakan bagian dari promosi untuk memastikan bahwa di tiap saluran distribusi dan juga target pasar menerima informasi yang tepat yang dapat menggerakkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian produk tersebut.

Namun konsep Integrated Marketing Communication sepertinya menawarkan konsep yang berbeda. Hal ini dilatarbelakangi tidak lain adalah keterbatasan dari Principal untuk menjangkau seluruh channel distribusi ataupun target pasar-nya. Sehingga Kata Kunci dalam Integrated Marketing Communication (IMC) adalah “Channel Empowerment”, atau dengan kata lain menggunakan resource yang ada dalam hal ini saluran distribusi maupun promosi untuk mengkomunikasikan produk dalam bahasa, dan tujuan yang sama.

IMC pastinya melibatkan pihak lain di luar Principal, tidak sekedar marketing agency tapi juga saluran distribusi atau pihak-pihak yang menerima keuntungan dari penjualan produk tersebut. Karena melibatkan pihak luar, maka konsep Integrated menjadi sangat kental isunya. Yaitu bagaimana merencanakan, menjalankan, dan memastikan bahwa komunikasi produk tadi menggunakan bahasa dan tujuan yang sama.

Konsep channel yang akan digunakan adalah “Channel Motivation”, asumsinya channel selection sudah given dan melakukan perubahan di area tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Dalam bahasan distribusi di XLNWorld ini selalu ditekankan kepada inovasi dan juga peran sebagai “Channel Steward”. Artinya dalam konteks integrated marketing problemnya adalah siapa yang mengambil inisiatif terlebih dahulu, dan siapa yang dengan sukarela melakukan aktivitas integrasi? Dan seharusnya yang paling tepat adalah peran dalam distribusi penjualan. Kenapa? Karena distribusi dekat dengan retailer, dan mampu mendapatkan suara konsumen yang lebih akurat.

IMC bisa menjadi produk Distribusi yang inovatif. Namun bukan berarti seluruh aktivitas komunikasi menjadi tanggung jawab distribusi. Namanya saja integrated, sudah pasti melibatkan banyak pihak. Namun dalam konteks integrated ini, distribusi mengambil peran sebagai “Channel Steward”. Yaitu pihak yang berperan aktif dalam mengelola dan memastikan kelancaran komunikasi.

Advertisements