Kita sudah tahu lah bahwa energy drink disini didominasi oleh Extra Joss yang sudah menjadi icon di seluruh kelas segmen bahkan. Tidak hanya di Indonesia, daya rambah Extra Joss di pasar regional juga terhitung luar biasa.

Pasar Energy Drink sangat menarik, secara benefit konsumen yang mengkonsumsinya berharap dapat merasakan langsung efeknya. Biasanya minuman ini memang dikemas dan diminum dengan cara yang paling menyegarkan misalnya dingin.

Merek2nya cukup bervariasi, tidak hanya extra joss tapi juga ada ener jos, hemaviton jreng, kratingdaeng, m-150, dsb. Extra-joss cukup sukses merebut pasar krating daeng dengan slogan buat apa beli botolnya. Sehingga dengan kemasan sachet-nya daya jangkauannya makin luas dan membuat extra joss praktis untuk disimpan dan dibawa kemana-mana dalam jumlah yang banyak. Bandingkan jika harus membawa botol kratingdaeng, pastinya lebih berat.

Pasar konsumen kita pastinya menginginkan “KEPRAKTISAN”. Itu yang menjadi keunggulan bersaing dari para pioneer seperti extra joss, mizone, kopiko. Artinya bagaimana mengubah kebiasaan konsumsi yang tadinya harus melewati proses yang kompleks menjadi ke arah yang lebih sederhana, atau praktis.

Extra joss beli banyak bisa disimpan dalam kendaraan atau di saku celana. Begitu ada air bisa langsung konsumsi. Kepraktisan ini yang tidak ditawarkan oleh kratingdaeng juga m-150. Itu adalah inovasi yang luar biasa.

Namun pemain-pemain lain juga menangkap pasar itu, munculah Hemaviton jreng, kuku bisa ener-g, dan energy drink lainnya yang dalam kemasan sachet.

Karena sudah mulai banyak pemainnya, market leader berarti harus mulai berinovasi lagi jika tidak ingin market-nya direbut. Sehingga sekarang muncul varian rasa.

Apakah ada unsur loyalitas dalam energy drink. 90% tidak. Konsumen kita pada dasarnya cenderung ingin mencoba yang baru. Jika rasanya lebih cocok, efeknya lebih “TERASA”, maka dengan mudah konsumen energy drink ini akan beralih.

Peluang ini yang bisa dimanfaatkan oleh para pemain energy drink lainnya. Jika nomor satu dalam sukses tadi adalah soal “KEPRAKTISAN”, maka yang jadi nomor dua adalah “KETERSEDIAAN”. Bagaimana memastikan produk tersebut harus tersedia di segala channel. Toh ini produk all segment.
Betapa kecewanya dan mudahnya konsumen beralih jika produk itu tidak tersedia. Harga yang beda-beda dikit tidak jadi masalah selama memang ada benefit lain yang ditawarkan.

Inovasi Energy Drink: Coba buat ritual “Have it your way”, bagaimana menikmati energy drink yang maksimal untuk menghasilkan kinerja yang maksimal juga. Seperti Oreo itu lho dengan diputar, djilat, trus diclupin. Bagaimana membuat ritual untuk energy drink? Misalnya ambil air dingin, tuangkan, dan nikmati dengan perlahan. Rasakan sensasi segar yang dahsyat di tiap tegukan. Rasakan energinya.

Menciptakan ritual seperti itu akan membuat pasar yang lebih loyal dan pastinya meningkatkan awareness bahkan menggeser brand association-nya.

Advertisements