Istilah Affiliate Program ini sangat menarik, ini merupakan konsep bisnis layaknya MLM. Dan industri MLM memang tidak akan pernah berhenti untuk mengeluarkan inovasi-nya. Dengan cara yang sama, kini dibantu teknologi, namun produk yang selalu up-to-date.

Bagi sebagian orang, MLM pastinya akan terdengar risih ditelinga. Karena ujung-ujungnya sebagai member diharuskan untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan materi panduan. Walau jumlahnya tidak besar juga antara 90 ribu – 200 ribu Rupiah, tergantung siapa Vendor-nya. Dan yang utama, sebagai member pastinya diharuskan menjual walaupun dengan title “Business Owner.

Uniknya, program afiliasi ini terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Dulu hanya dikenal untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga, kemudian obat-obatan, ada juga yang berupa logam mulia atau emas. 5 tahun ini berkembang masuk bisnis pulsa, dan sekarang apapun produknya tidak masalah karena yang dijual adalah sistem-nya. Sehingga “Business Owner” tidak lagi terpaku pada satu produk, tapi bisa beragam produk.

Cari saja di google mengenai Affiliate Program, pasti banyak sekali. Dan selalu ada contoh-contoh sukses, yang memang benar-benar sukses. Ada yang mengajarkan memanfaatkan Adsense Google, atau menjual E-Book, bahkan hosting untuk membuat website bisnis.

Pandangan singkatnya, model pemasaran seperti ini tidak bisa dianggap remeh. Network / Viral / Affiliate, apapun namanya konsep Socio seperti ini berhasil mencetak jutawan-jutawan bahkan milyarder baru.

Affiliate Program bukanlah penipuan, karena semuanya tergantung pada diri sendiri sebagai “Business Owner”. Upliner hanya sebagai pemandu dan juga membantu sebisanya bagi member-member yang serius ingin menggeluti bidang tersebut.

Sesuai dengan keinginan? Atau sekedar ingin coba-coba? Tidak ada salahnya, ini yang menjadi potensi untuk menghasilkan tumpukan uang. Apakah rugi? paling hanya keluar uang 200 ribu, dan bisa dianggap sebagai investasi untuk belajar. Sementara itu ada orang lain yang sudah mengeruk keuntungan dari upaya coba-coba tersebut, 😀

Advertisements