Artikel di bawah ini dibuat sekitar 6 tahun yang lalu, dan terbukti dalam 3 tahun terakhir Blackberry semakin meredup.

Melihat blackberry dimana-mana bisa membuat kepincut juga untuk coba device yang satu ini. Logika-nya semua fasilitas yang ada di blackberry bisa dikatakan mediocre alias biasa-biasa aja. Masih banyak handset lain dengan fitur yang lebih bagus. Tapi anehnya, penggunaan blackberry makin lama makin bertambah. Bahkan anak SD pun sudah ada yang menggenggam bold sebagai komunikasi hariannya.

Blackberry makin populer, setidaknya di Indonesia sekarang. Tahun ini adalah tahunnya blackberry. Iphone yang diluncurkan telkomsel sepertinya memiliki greget yang kurang. Maklum aja, mahal banget, dan keterlaluan. 12 juta untuk alat yang juga “biasa-biasa” aja. 2x-nya blackberry. Mari kita kupas fitur blackberry satu per satu.

Push Email, kayanya cuma ini aja keunggulan dari blackberry. Bisa push mail dengan cepat. Tapi sekarang sudah banyak provider yang menyediakan push mail, sebut saja nokia mail, seven, emoze, morange, dan sebagainya.

Blackberry messenger, atau istilah lainnya PIN Messenger. Ini memungkinkan komunikasi antar blackberry. Sama aja sih seperti yahoo, kirim foto, video, suara, dsb..

Browsing, ini gak banget… Lambat udah gitu gak support flash. Yang bikin asik adalah trackball-nya. fungsinya kaya mouse. Harusnya nokia mulai mencontoh penggunaan trackball. Bagus tuh.

Multimedia, standar lah… bedanya semua handset blackberry sudah support untuk earphone 3.5″, jadi pake tipe apa saja bisa.

Camera, juga standar untuk foto dan rekam.

GPS, masih bagusan nokia jauh lah.. lebih cepat pula

Wifi, Iphone dan Nokia jauh lebih baik.

Bluetooth, ini fitur paling amit2 dari blackberry. Sama sekali ribet. Harus pair, trus receive-nya pun harus buka multimedia folder dulu.

Desain, ini memang ok… rasanya bolehlah nenteng blackberry kemana2, apalagi pake model keluaran terbaru. Terkesan orang sibuk, tapi juga autis. Karena dimana2 sibuk lihat layar handset.

Jadi kenapa pilih blackberry? Gaya, fungsi, atau iseng?

https://xlnworld.wordpress.com/2008/12/10/rim-blackberry-dan-nokia-e90-communicator/

Advertisements