Siapa yang membayangkan bahwa perusahaan ini akhirnya bisa menjadi trendsetter bagi dunia konsumer IT. 15 tahun lalu sebuah komputer Mac hanyalah sebuah desain unik dan kebanggaan para desainer grafis.

Kini apple adalah produk lifestyle, dan suka atau tidak hampir semua produsen IT menggunakan produk apple sebagai pembanding. Sebut saja mulai dari Window-based GUI pada sistem operasi, multi touch pada teknologi touch screen, appstore, iPod / iPad tablet. Semuanya berbondong-bondong mengklaim bahwa produknya secara spefisikasi teknis jauh lebih unggul.

Tapi so what dengan spesifikasi, karena bagi sebagian konsumen berduit kemudahan dan kecepatan aktual lebih penting. Macbook air juga merupakan trendsetter bagi kategori notebook kecil. mulai dari penggunaan SSD, desain tipis, dan tentu saja daya tahan baterai. Walaupun banyak produk yang berkeliaran dengan spesifikasi lebih bagus, tetap saja macbook air menjadi favorit.

Apakah konsumen bodoh? atau marketer yang justru bodoh? Bodoh jika menjadikan apple sebagai pembanding. Karena apple sendiri selalu ingin tampil “beda”. Ketika pada satu masa produsen banyak membuat netbook, apple meluncurkan tablet. Dan semua produsen kini memiliki tablet.

Saat mp3 diperkenalkan yang justru membuat industri musik khawatir, apple justru membuat iPod dengan iTunes untuk membangkitkan industri musik. So, people do love apple very much. Saat touchpad dihindari oleh kebanyakan pengguna notebook, apple membuat trackpad dengan fungsi gesture yang produktif, and users love it.

Menjadi trendsetter pastinya merupakan keinginan bagi tiap perusahaan, namun itu hanya akan terjadi jika kita mampu mengeluarkan produk yang berbeda dan juga indah. sederhana tapi sulit.

Pada akhirnya kita harus mengakui pada sukses suatu produk bukan sekedar masalah management maupun konsep pemasaran. Sukses produk juga merupakan sebuah karya seni yang tercipta melalui perenungan mendalam untuk menghasilkan maha karya.

Walau ada unsur komersial, namun pada proses pertamanya karya yang sukses lahir dari imaginasi yang di luar kotak.

Advertisements