Fenomena marketing memang tidak ada habisnya, selalu saja ada yang tampil terdepan dalam suatu periode. Memang market kini haus akan inovasi, sesuatu yang baru, yang bernilai tambah, dan menjadi trendsetter. 2 tahun ini (2011 – 2012) akan menjadi tahunnya 7 Eleven di Indonesia.

Mereka tidak berdiri dengan basis mini market, melainkan fast food resto. Karena keberadaan mini market itu sendiri sudah dibatasi di Jakarta karena disinyalir mengancam industri tradisional. Tapi inovasi memang tidak akan pudar. 7 Eleven yang sudah menjamur di Singapura kini siap menghantam Indonesia dan sudah menjamur di Jakarta dan terus bertambah.

7 Eleven juga bukan pemain untung-untungan, tiap baru buka selalu padat pengunjung. Ini fenomena, gaya hidup, juga kenyataan yang mengagumkan. Akademisi, majalah marketing, bahkan blog ini pun juga akhirnya tergelitik menulis mengenai 7 Eleven.

Ingin tahu rahasia sukses? sudah cukup banyak terurai di google atau jurnal / artikel marketing. Tapi sukses 7 Eleven bukan karena resep atau strategi yang canggih. Sukses juga merupakan momentum yang diciptakan dengan cantik.

Kita membicarakan mengenai bakat, kesempatan, keberanian, dan juga modal. Akan banyak 7 Eleven yang lain, bahkan untuk pemain lokal seperti Cipaganti, Bluebird, Kuliner lokal, dan sebagainya.

Advertisements