Belanja elektronik di konsumen Indonesia pada 2012 akan semakin meningkat, beberapa indikator yang dapat dilihat antara lain:

  1. Mulai banyak masyarakat yang beralih ke LCD TV, karena harga makin murah bahkan yang branded sudah menyentuh di bawah 1 Juta Rupiah di awal Februari ini untuk ukuran 19″.
  2. Tablet PC Android murah semakin diminati, karena edukasinya sudah  mulai menyentuh segmen bawah. Semakin banyak orang yang ingin mencoba, walau kebanyakan hanya digunakan untuk bermain game ketimbang fitur utama seperti browsing ataupun mobile office.
  3. Produk konsumer elektronik seperti Kulkas, Mesin Cuci, Kompor, akan mulai mengarah pada lifestyle. Sehingga design akan menjadi salah satu faktor utama dalam pemilihan. Konsumen mulai senang dengan elektronik yang cantik untuk menghiasi ruangan mereka.
  4. Produk Apple akan tetap mendominasi segmen atas, karena masyarakat Indonesia sudah mulai teredukasi dengan fenomena yang muncul di 2011. Kepergian Steve Jobs secara nyata mendorong keingintahuan orang lebih banyak untuk menggunakan device dari Apple.
  5. Laptop / Notebook semakin menggeser Desktop.
  6. Blackberry di Indonesia akan mulai mengalami stagnasi, kecuali mulai terjadi penurunan harga yang memicu orang untuk segera mengganti blackberry tipe lama mereka dengan tipe yang baru. Namun blackberry tetap diminati sebagai alat media sosial yang paling pas bagi masyarakat Indonesia. Anak SD akan semakin banyak yang membawa blackberry ke sekolah. Ini salah satu alat untuk mengontrol anak mereka ketika berada di luar rumah.
  7. Ace hardware akan bertumbuh subur di Indonesia karena coverage yang makin luas. Alternatif belanja yang menyenangkan, terutama dengan pilihan produk yang unik. Electronic Solution dan kawan-kawan harus cukup puas mengandalkan penjualan LCD/LED TV saja juga fasilitas kredit yang diberikan. Tapi toko sejenis Ace Hardware mulai memberikan warna perlengkapan elektronik di rumah-rumah modern.
  8. Jumlah orang yang memiliki minimal 2 handphone semakin banyak, satu blackberry dan yang lain bisa android, apple, atau nexian dan sejenisnya.
  9. Retail convensional perlu segera putar otak untuk mempertahankan pelanggan, karena barang elektronik yang dicari bukan sekedar murah, tapi juga mudah didapatkan.
Advertisements